Hari pertama
Diawali dengan menunggu IMMawan M. Syarif Hidayatulah
dikampus STIKES Muhammadiyah Banjarmasin, aku nunggu ditempat “acil sayang”, awalnya agak BeTe sih
nunggu tu si Syarif, tapi mau gimana lagi kalo gag nunggu masa iya ditinggal.
Trus gag lama kemudian eeeeeeh dia nongol ma tas ranselnya
yang “super Butut”.. *eeeeeits, tapi siapa tau loh sahabat-sahabat sekalian, tu
tas ransel yang dah butut, ternyata dah setia nemani Syarif keliling Bogor
beberapa bulan yang lalu, dalam rangka kegiatan Perkaderan khusus (LID dan
LIM).
Karna orang yang ditunggu2 dah datang, dengan supir pribadi
Kampus kami, bapak Agus, kami go deh
ke airport. Nah, aku hampir lupa
mengenalkan satu IMMawan lagi yang akan menemani perjalanan kami ke Medan.
Yaitu IMMawan M. Saubari Azhar Noor, nah ntar kalian bakalan tau siapa
sebenarnya IMMawan Saubari ini. Oya, A’a adalah panggilan aku ke IMMawan
Saubari. Heheh, kaya orang Sunda eeeeuuuuuuy..
A’a dah nunggu didepan Rumah Sakit Umum Daerah Ulin
Banjarmasin, kan rumah A’a dekat situ, pal 1. Nah, kita sempat bingung karna ni
orang gag ada keliatan jidad nya.
Hehehe, tapi tiba2 pak Agus bilang,”tu kan si Saubari, yang pake jaket hijau”.
Aku dan Syarif hanya bisa bernafas lega. Tapi ada satu hal yang membuat kami
bengong, si A’a tu barang bawa an nya buuuuaaaaanyyyaaaak
buuuuaaaanggggeeeeeett, sekoper ransel besar, ditambah dengan tas
selempangan. Ya beda lah ma kami, kan kami bawanya cuma sedikit, heheheh tapi
tas aku tu besar banget, soal nya aku ada bawa laptop, baju aja berapa pasang.
Dan gag lupa aku juga bawa peralatan mandi, and
shalat pastinya.
Tanpa komando ba bi bu,
pak Agus tancap gas menuju bandara Syamsodin Noor Banjarmasin. Didalam mobil
kami ngobrol-ngobrol gitu deh, cerita nya gag jelas gitu. Tapi? Wait wait wait, tiba-tiba tip mobil
nyala gitu. Dan lagunya itu lagu-lagu Jawa, dimana liriknya itu si A’a ma
Syarif tu gag ngerti.. ya iya lah gag ngerti, lha wong mreka kan asli Banjar. Hmmmmm, kasian betul tu
mreka, dan mreka tu Cuma bisa bilang, “setereeeeees, gag jelas’’. Halaaaaaaaah,
mreka itu memang kurang pengetahuan Bahasa. Untung aku bisa ngerti tu bahasa
Pewayangan. Ckckckckck LANJUT PIIIIIIIIIIIIR..
Sekitar pukul 11.45 kita dah check in, trus nunggu aja di waiting room, ma passenger lainnya. Pas jam 12.20 kita disuruh masuk ke pesawat Lion
Air nya, nah disitu keliatan banget siapa yang paling kidu, wkwkwk (*untungnya
aku dah berapa kali keluar kota menggunakan tu si besi terbang. bukan nya pamer loh ya,,, cuma PENGADUAN ajah..
Selama penerbangan aku gag tau apa yang A’a dan Syarif
pikirkan. Coba kalian tebak, kira2 apa sih yang mreka pikirkan??? Aku aja gag
tau apa lagi kalian.. MASALAH BUAT LOOOOOOOOOOOO?
Singkat cerita deh pokoknya, al nya ni aku nulis nya sambil
diacara Muktamar XV Medan. Pokoknya ceritanya tu dah sampai ke Bandara
Internasional Soekarno-Hatta. Aku kira kami akan dijemput oleh IMMawan dari
Jakarta gitu, eeeeeeeh sekalinya gag ada yang menjeput. So, kita luntang lantung cari Bus Damri jurusan Gambir. Nah, kami
tu bingung harus dimana nyetop Bus nya ini. Pkok nya kami dah panik, dan ini
panik tingkat RT. J
akhirnya kami nunggu dihalte Bus khusus Bus Damri, kami ya dah jelas nya nunggu
yang jurusan ke Gambir. Dan gag gampang loh nunggu nya tu teman2, hampir 2 jam
an lebih kami nunggu, yang dari bentuk mukanya Segitiga, ampe gag berbentuk
deh. Kaya gelandangan elit gitu, nah si A’a tu ngerasa haus katanya. Ya
sebenarnya kami juga ngerasa haus banget gitu deh, kaya dipadang Arafah deh. JAKARTA
gitu loh.
Aku sih gag tau ide dari mana si A’a mau beli minuman, nah
padahal setau ku kalo dibandara tu semuanya very
very very expensive deh.. kalo gag bener2 orang berdompet tebal, wah gag
bakalan deh kebeli.
Sementara A’a cari minuman aku ma Syarif nunggu Bus yang
jurusan Gambir, eeeeh gag lama gitu ada datang mobil. Aku sih clingak clinguk
nyari A’a, dan pada saat itu aku dalam keadaan Panik tingkat Kelurahan.
Ckckckck gimana ceritanya ya????
Kami sih mikirnya ditinggalin gag ni si A’a, atau ditungguin
ya? Antara Gelisah dan Galau, hehehe tapi gag lah. Akhirnya kami nunggui si
A’a, dan dia nyusul dengan 3cup ice cream ditangan nya. Aku bawain tas ransel
A’a yang besar itu ke dalam Bus, langsung kucarikan tempat duduk. Dan akhirnya
kami semua dapat aja tempta duduk. Dan A’a ngasih ice cream nya ke aku ma
Syarif. Hehehe mang enak deh makan ice cream itu didalam Bus, mana pas harinya
panas betul lagi, hadeeeeeeeeeeeeh
ni ice cream harganya Rp. 30.000,- !@#$%^&*()(*&^%$#@!
bayangin aja coba. segitu mahalnya kan, seupil gitu cobaaaaaa..
Perjalanan menggunakan Bus Damri menuju terminal Gambir
ditempuh dengan waktu ya kurang lebih 1 jam an lah atau berapa deh, tapi yang
jelas kami makan ice cream nya itu sampai habis dan kami belum sampai. Pas dah
nyampai terminal Gambir kami turun, nah ku kaget ternyata aku meliat yang
namanya Monas. Alhamdulillah yaaaaah, sesuatu banget.......
Betapa tidak, seumur-umur belum pernah liat tu yang namanya
Monas. Dah gitu kami sempat aja berantem bertiga, antara maen dulu ke Monas
atau langsung pulang ke Menteng. Hmmmmm, saking rumit nya perjalanan ini, kami
hanya bisa terduduk termangu dijalanin
dah gitu langsung aja nglanjutin ke Pusat Dakwah Muhammadiyah, Menteng Jakarta Pusat. (iya gag sih? bener tow salah???) Kami make Bajaj ke Menteng, kirain jauh gitu ternyata ngga, hehheh trus dengan uang Rp. 25.000,- kita bayar tu abang Bajaj. dan Akhirnya sampai deh ke Menteng, setelah dah sampai langsung aja Shalat Dzuhur ma Asyar, hmmmm
pas dah selsesai kita langsung ke lantai 4, nyari tempat perisitirahatan di DPP IMM.
kelaperan abis disanan itu, dan otomatis lah kami nyari makan diluar, dan akhir nya dapat aja kami warung tegal.. ckckckc
ni Syarif yang lagi makan soto, minum es teh jg enak.. hadeeeeeeeeeh
ni A'a maem soto juga kaya Syarif, wkwkwk tapi bukan soto banjar loh ya, dan jangan sekali-kali mikir kalo itu adalah Soto Bang Amad, atau Soto Bawah Jembatan. hihih
nah kalo aku sih makan nasi putih+lalapan+ayam goreng lah.. hmmmmmmmmmm uuueeeennnnnnnaaaaaak tenaaaaaaaaaan, ditambah ma es teh manis.. Ya Allah, Alhamdulillah segar banget deh.. dan Alhamdulillah kenyang banget, sik asyiiiiiiiiik..
bis makan pulang lagi ke DPP IMM, dah pas mau tiduran dikamar, lha kuq ada yg masuk kekamar buat ngajakin kami untuk ikut pengajian rutin di Pusat Dakwah Muhammadiyah. Awalnya males, tapi itu kan ilmu yg akan kami dapatkan, dah jauh-jauh dari kalimantan selatan, masa gag dapat apa2, jadi deh berangkat juga ke lantai 1.
di tempat pengajian dah banyak orang nya yang hadir, dan yg datang itu adalah Prof. Dr. Daod Djoesoef (kalo ga salah tulis), sama Prof. Dr. Din Syamsudin..
ni pemateri kita (baju batik biru) dan ketua umum PP Muhammadiyah
ni waktu dah mau pulang, tapi jangan salah aku sempat loh fotho bareng ma bpk Din itu, heheh
ni dia...
ni kan ada fotho nya, heheh jarang-jarang loh bisa ftho sama orang satu di sini.. wkwkwk
masa sih?
tapi akhir nya kami di ambili oleh salah satu anggta PARRA, truz dibawa ke base camp ny,, gag tau mau di apain. Tapi ternyata disana ada ka Abdan sama ka Muhajir. hadeeeeeeeeeeeh langsung aja ku tidur, tapi aku, Syarif ma A'a ga bisa bubu.. gimana mau bubu kalo gini kerjaan nya teman-teman di base camp
jadi diungsikan deh ke lantai 2, dan bubu diatas deh betiga, karna besok kita masih ada hari yang panjang.
tunggu hari ke 2 ya teman-teman, see u.. salam persahabatan..